The Dazzling Place of Keraton Solo

 

IMG_0436

Yeaaay, Jalan-jalan lagi…♥♥

Kesempatan emas ini saya dapatkan di sela-sala pekerjaan saya untuk meeting dengan salah satu klien di PH tempat saya bekerja untuk pembuatan video advertise salah satu hotel di Solo.

Setelah kesepakatan tercapai, saya tidak mau hanya diam menunggu malam datang di hotel tempat saya menginap.

Saya mau jalan-jalan, ah. Tempat tujuan utama saya adalah ke keraton Solo. Karena bertahun-tahun saya hidup di pulau jawa, saya belum pernah sekalipun melihat apalagi datang ke tempat bersejarah itu. Dan, sttt ..ini juga dipicu oleh kasus pengurungan Putri Raja di Keraton yang baru-baru ini menjadi berita hangat. (Teuteeeeep).

Maka dengan bantuan seorang dari hotel, saya pun tiba dengan selamat di depan bangunan mahakarya yang sangat mempesona.

Keraton Solo

Mungkin akan butuh ratusan bahkan ribuan halaman untuk mengupas perihal sejarah keraton Solo. Dan saya pun pasti pusing dan mumet untuk mengurutkan satu per satu cerita yang saya dapat dari Pak Sugeng, guide yang mendampingi saya waktu itu. (kalian, cari di google aja yah..)

 

Untuk Masuk area Keraton, ada perlakuan khusus bagi pengunjung. Jika memakai celana pendek, kalian di haruskan memakai kain khusus, untuk menutupi kaki, dan jika memakai sandal, maka sandal harus di lepas. Tapi, kalau pakai sepatu tidak perlu di lepas. Unik yaa..

Bagunan tinggi ini, konon adalah tempat Raja bertemu dengan Nyai Roro Kidul, Ratu dari pantai selatan. Pengunjung dapat masuk ke dalamnya, namun harus dengan pakaian jawa khusus yang disediakan oleh keraton. Jika naik sampai bagian paling atas bangunan maka akan tampak laut selatan dan Gunung merapi. Menara ini dinamakan Sangga buana.

Di halaman keraton di tanami pohon pohon sawo kecik, yang melambangkan kebaikan untuk semua. Buah Sawo kecik, seperti yang ada di foto. Kebetulan saya di kasih sama salah satu abdi dalem yang sedang menyapu di halaman itu. Halaman keraton ini tidak ditumbuhi oleh rumput atau tanah merah namun pasir hitam yang konon berasal dari gunung Merapi.

Di pendopo keraton terdapat kursi singgasana Raja dan beberapa tiang penyangga pendopo yang diselimuti oleh kain berwarna kuning. Tiang penyangga itu terbuat dari emas, dan hanya dibuka apabila ada upacara khusus saja. Ada lagi yang menarik disana, yaitu seperangkat gamelan yang berusia sekitar 2 abad, lantai yang digunakan sebagai pendopo adalah batu marmer  asli buatan Italia . Ada juga beberapa patung yang berupakan hadiah dari Ratu Belanda,serta beberapa pot bunga yang berasal dari dinasti Ming .

Saya sempat bingung, bagaimana menganggkut, lantai marmer, patung dan pot-pot bunga ke Solo kala itu ya ? Kan belum ada pesawat ? Mungkin dengan kapal laut, tapi kan jauh banget. Huuuffttt, Incredible

Eh, bukan itu saja menurut Pak Sugeng, jika ingin mendapatkan gelar bangsawan seperti artis-artis dan beberapa tokoh masyarakat saat ini, ternyata amat sangat gampang. Hanya dengan mendaftar dan membayar uang sekitar 1-2 juta saja, saya bisa mendapatkan gelar bangsawan. Ohemji..

IMG_0958

Salah satu dinding di halaman keraton, terdapat lukisan Raja-raja yang pernah memerintah Keraton solo. Namun hanya satu yang paling menonjol, yaitu Paku Bowono X atau PB X. Beliau adalah Raja yang sangat gaul di jamannya. Raja pertama yang memiliki mobil dan sangat senang menjalin silaturahmi dengan tokoh-tokoh masyarakat dari Negara lainnya. Beliau adalah Raja yang paling jaya dan sangat kaya di jamannya. Beliau pula yang membangun Keraton solo, hingga seluruh bangunan sampai tiang penyangga bagunan keraton pun bertuliskan inisial namanya, PB X. Wow !!

Akhirnya selama kurang lebih 1 jam, perjalanan dan cerita-cerita tentang Keraton Solo berakhir. Saya pun pulang kembali menuju hotel dengan perasaan kagum luar biasa. Namun saya masih penasaran, dimana Putri Raja yang dikurung di keputren itu ya tempatnya ? Tadi lupa menanyakan ke Pak Sugeng.. Hehehe..

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s