Kencan Satu Hari Yang Romantis di Yogyakarta

Beberapa hari ini saya merasakan performa kerja saya kian menurun (bahasanya cihuy, banged). Saya sampai hilang akal, kala boss saya memerlukan ide ide cemerlang yang biasanya terlahir dari otak yang sangat saya sayangi (gulai otak di RM.Padang itu mahal,loh). Semakin saya paksakan untuk bekerja, semakin buruk kerusakan pada alat pemicu ide di otak saya (yang entah bagian sebelah mana).

Akhirnya dengan rasa nekat tingkat Neptunus, saya pun memutuskan untuk hengkang dari meja kerja saya sementara dan ngabur . Pilihan saya tertuju pada kota eyang-eyang saya, Yogyakarta. Tapi, sayangnya saya tidak dijinkan libur lama oleh Pak Boss, hanya 1 hari saja.

You know, 1 day is gonna be everything ! 1 day is gonna be a precious ! 1 day exploring Yogyakarta

Come follow my path …

Setelah magically dapat promosi tiket pesawat Garuda Indonesia saya langsung mengemasi backpack saya dengan 2 potong baju saja, laptop, tanpa kamera karena menurut saya kamera HP sudah cukup. (Padahal dalam hati saya mendamba ada sponsor yang mau back up saya pada perjalanan yang cuman satu hari ini ) Coba tunjuk tangan yang mau menyeponsori saya jalan-jalan.. Hehe

Dengan taxi saya sampai di Bandara Int Soekarno Hatta terminal 3.  Bukan main, itu terminal 3 ternyata bagus sangat (ndeso banget, deh saya ). Saya sempat mengambil beberapa gambar  bagian dari Terminal 3.

Setiba di Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta saya kembali menggunakan Taxi untuk menuju Hotel.  Karena sudah cukup malam, maka saya memutuskan untuk beristirahat saja di Hotel. Dan misi Jajahan akan saya mulai besok pagi.

One Day Exploring Begin !!!

Sugeng Enjang ( Selamat Pagi dalam bahasa jawa halus)

1. Candi Plaosan Kidul

Mari kita mulai jajahan kita. Jika teman-teman saya di Jakarta sangat familiar dengan candi prambanan dan candi Borobudur, maka saya ingin membagi pesona candi yang lain yang juga memikat , Candi Plaosan. Jalan menuju Candi Plaosan cukup baik, dengan menggunakan mobil dan bantuan GPS saya sampai dengan selamat dan sejahtera.

Sebenarnya saya ingin sekali tahu sejarah di balik pembuatan Candi Plaosan (walaupun bisa saja saya cari di Eyang Google) mungkin karena saya datang masih pagi, sekitar jam 9, para guide nya belum datang. Jadi saya hanya bisa berkeliling, berfoto dan berdecak kagum dengan keindahan Candi di hadapan saya.

Disekitar Candi terdapat reruntuhan bangunan candi yang masih berupa batu-batu, sepertinya pemerintah setempat masih berusaha untuk merestorasi bagunan candi.

Tak Jauh dari Candi Plaosan, ada Candi lagi . Namanya Candi Plaosan Lor

2. Candi Plaosan Lor

Bagunan Candi Plaosan Lor ini, hampir sama dengan Plaosan Kidul. Sewaktu saya ke sini, masih ada kegiatan restorasi candi. Di sekitar Candi juga terdapat reruntuhan batu batu dari Candi. Saya jadi membayangkan  jadi Raja atau Ratu dan tinggal di dalam candi,seperti apa ya rasanya ?

3. Candi Sambisari

Sekitar 30 menit dari Candi Plaosan, ada Candi yang unik banget. Yang bikin unik adalah letak Candinya. Biasanya candi candi yang ada di Indonesia letaknya menjulang tinggi di atas tanah, berbeda dengan Candi Sambi Sari. Candi ini seperti berada di bawah tanah, tepatnya lebih rendah permukaan tanah sekitarnya.

Cuaca panas yang menyengat siang itu tidak menghalangi saya untuk melihat-lihat seputar candi. Namun yang membuat saya kecewa, tidak ada local guide yang menemani saya, jadi kembali lagi saya hanya melihat lihat, berfoto dan melongo (saking bagusnya candi ini).

4. Yogyakarta The Arca Museum

Ohmaigad, ternyata Yogya juga punya museum patung lilin tokoh-tokoh terkenal dunia,loh. Hampir miriiiiip dengan patung lilin Madame Tussauds di Thailand. Cihuy pokoknya !. Letaknya di   XT Square, Jl. Veteran, Pandeyan, Kota Yogyakarta. Mulai buka dari pukul 10 pagi hingga 10 malam.

Sebenarnya, dalam satu area ini ada wahana hiburan lain, yaitu De mata 3D. Namun berhubung saya sudah pernah mengunjungi museum 3D yang ada di Semarang maka saya pikir museum Arca lebih menantang. Benar saja, begitu masuk ke dalam ruangan museum, saya takjub dengan patung-patung yang ada di dalamnya. Mulai dari Tokoh Pahlawan nasional, tokoh dunia hingga artis dunia. Tentu saja saya tidak mau melewatkan kesempatan berfoto bersama patung-pantung keren itu.

Dan ini dia foto terfavorit sayah dengan Mas Beck..♥♥ Maafkan, agak gokilz sedikit, yaaa.. 🙂

5. Bale Raos Resto

Berhubung hari sudah semakin siang, maka perut saya harus diisi. Saya ingin makan di tempat dan makanan yang disajikannya special. Nah, kemudian saya berkendara menuju keraton Yogyakarta. Ada sebuah Resto yang konon katanya milik dari Kanjeng Ratu Hemas yang tak lain adalah istri dari Sultan Hamengkubuwono X yang saat ini memerintah Yogyakarta.

Masuk pintu Bale Raos, saya disuguhkan dengan 2 sangkar burung besar dengan berbagai jenis burung terbang di dalamnya dan kolam ikan yang sangat indah. Interior resto sangat kental dengan suasana keraton Yogyakarta. Saya pun di layani bak Ratu.

Menu dalam resto sangat variatif, dan menu-menu tersebut biasanya memang menu kesukaan Raja. Saya memilih Gudeg manggar,dan beer Jawa segar serta tapak Kucing sebagai pencuci mulut. Semua hidangan saya babat habis, karena tingkat kelezatan yang tak kerkalahkan. !!

6. Museum Sidik Martowijoyo

Di dalam Resto Bale Raos, masuk ke dalam sedikit setelah menemukan air mancur, ada museum kecil Museum Sidik Martowijoyo. Isi museum itu mungkin boleh dibeli, saya tidak tahu pasti namun lukisan yang ada di museum itu sangat mempesona bagusnya.

7. Museum Ullen Sentalu

Museum ini letaknya di daerah gunung berapi. Agak tersembunyi. Memerlukan waktu sekitar 1 jam dari kota yogya menuju tempat ini. Agak sebel juga tadinya, museum apa sih jauhnya sampe begini, di ujung gunung. Hehehe. Tapiiiii, begitu sampai alamak ! Amazed ! Bagunan depan yang sophisticated dan “kekinian”.

Setelah membayar tiket masuk, saya di temani oleh guide berkeliling museum. Ada banyak peninggalan sejarah keraton Yogya dan Solo di sini. Dikemas dengan begitu bagus, dan tidak membuat para tamunya bosan. Dan ditengah-tengah tour museum saya dan tamu yang lain disuguhi minuman “ajaib” agar awet muda rahasia para Ratu. Sayangnya setiap orang hanya dapat 1 gelas, padahal saya mau minta 1 galon, biar muda terus. Hehehe.

Tidak semua tempat boleh mengambil foto. Hanya bagian-bagian luar saja yang boleh berfoto. Museum ini beralamat di Jl.Boyong KM 25 kaliurang, Yogyakarta.

Ini dia, mba Nohan guide manis yang menemani saya berkeliling museum.

8. Beukenhoft Cafe&Resto

Dari Namanya agak-agak belanda, ya.. Resto&café ini terletak di halaman belakang Museum Ullen Sentalu. Saya sengaja duduk di bagian luar agar dapat menikmati halaman museum dari atas, sangat romantis.

Duh,seandainya saya di lamar di resto ini..Hmmmm.  Karena masih terasa kenyang, saya hanya memesan green tea latte dan vanilla Rhum. Recomanded !!

9. Kopi Klothok

Hari menjelang senja, dalam perjalanan turun gunung kembali menuju kota yogya, saya mampir ke warung kopi klothok yang konon lagi happening di Yogya. Bagunannya seperti rumah eyang saya jaman baheula. Rumah jawa yang kuno.

Tapi jangan salah, halaman parkirnya penuh mobil. Dan penuh penikmat makanan ndeso jawa.

Ada pisang goreng, tempe garit goreng, teh tubruk yang di sajikan dengan gelas hijau lurik, dan aneka jangan (sayur) lodeh. Waaaah, jadi lapar kalau ingat !

10. Alun Alun Kidul

Sebelum saya pulang menuju hotel, saya mampir dulu dong ke alun-alun kidul. Letaknya masih di kawasan keraton. Wah, ramainya orang-orang disana menikmati hiburan berupa naik sepeda lampu. Bukan Cuma itu,sepeda lampu dengan berbagai bentuk pun di lengkapi music masa kini. Mulai dari dangdut hingga top hits. Hahaha.. Kreatif dan sangat menghibur !

Jalan-jalan kali ini sangat singkat namun berkesan dengan keramahan masyarakat yogya dan tempatnya yang begitu  menyimpan kenangan romantis. Bukan itu saja, beragam jenis makanan yang tersediapun menambah kaya indera pengecap saya. Jika Hanya punya 1 hari di yogya, jadikan satu hari itu momen tak terlupakan sepanjang hidup anda.

Yuuuuk, kita ke yogya !!!